Soft Launching Website Sikromo buatan Mahasiswa

Selasa, (15/6) kemarin telah berlangsung acara Soft Launching website Sikromo secara daring melalui zoom meeting. Website Sikromo merupakan sebuah website penerjemah bahasa krama inggil. Dibuat oleh Reza Iqbal Pramudya (founder sekaligus finalis Duta Bahasa Jawa Tengah 2021) bersama dengan dosen pembimbing, Novanda Alim Setya Nugraha, S.S., M.Hum; pembimbing di bidang IT, Novian Adi Prasetyo, S.Kom., M.Kom.; dan yang terakhir pembimbing bidang bahasa, M. Lukman Leksono, S.Pd., M.Pd. 

Acara soft launching ini dihadiri oleh para finalis Duta Bahasa, panitia penyelenggara kompetisi Duta Bahasa Jawa Tengah serta Perwakilan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Banyumas. Mereka hadir untuk memenuhi undangan sekaligus menyaksikan secara langsung peresmian website gagasan Reza. Soft Launching Sikromo diresmikan langsung oleh M. Lukman Leksono, S.Pd., M.Pd, dengan memukul gong virtual secara simbolis.

Sesuai dengan namanya, Sikromo dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa indonesia menjadi bahasa jawa kromo. Website ini dicetuskan oleh Reza, dilatarbelakangi oleh keprihatinannya terhadap generasi muda yang mulai melupakan bahasa asli daerahnya sendiri, khususnya bahasa Jawa. 

Dalam kesempatan ini, Reza Iqbal selaku founder secara langsung mendemokan websitenya. Ia memperkenalkan website dan berbagai tools yang ada di dalamnya beserta fungsinya. Ia juga menambahkan kelebihan website Sikromo dibandingkan dengan aplikasi penerjemah online yang telah ada, Google Translate. Bedanya, Google Translate hanya menerjemahkan kedalam bahasa Jawa Ngoko (Kasar), sedangkan Sikromo, khusus menerjemahkan ke bahasa Jawa Krama (halus). Usai menjelaskan, ia membuka sesi diskusi dan tanya jawab dengan audiens yang hadir dalam acara launching tersebut. 

Website dapat diakses secara gratis melalui link http://sikromo.com/. Para pengembang website ini sangat berharap mendapatkan banyak masukan dari para user agar menjadikan bahan perbaikan dalam membangun website Sikromo supaya menjadi lebih baik lagi. Dengan hadirnya Sikromo, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk menciptakan karya yang bermanfaat untuk masyarakat luas. 
Seperti yang kita ketahui sebelumnya, jika Ia berhasil lolos ke tahap final pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 berkat proposal pembuatan website bahasa Jawa Krama gagasannya. Setelah ini, website Sikromo harus bisa dipertanggungjawabkan olehnya saat final raya yang akan diadakan di kota Semarang besok minggu. (ITW)

Dokumentasi saat pembukaan acara
Dokumentasi peresmian website Sikromo secara simbolis
Dokumentasi saat Reza memberikan sambutan
Dokumentasi saat Reza mulai mendemokan website Sikromo
Dokumentasi dari panitia Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 yang memberikan sambutannya
Dokumentasi cuplikan saat sesi foto bersama dengan para hadirin

Komentar

Baca Berita terkait