Terbaru! Dosen IT Telkom Purwokerto Kenalkan AR/VR ke Sekolah di Banjarnegara

Dengan semangat berbagi pengetahuan, dosen IT Telkom Purwokerto, Hari Widi Utomo, S.Pd., M.Ed baru – baru ini kenalkan penggunaan AR/VR (Augmented Reality dan Virtual Reality) kepada para guru dan siswa SD IT Al-Ihsan Tapen dan MTsN 4 Banjarnegara, atau tepatnya pada Sabtu, (6/8/2022). 

Kunjungan yang bertajuk Smart Talk ini mengangkat bertemakan “Millenial Harus Berkarakter dan Mengglobal”. Sesuai dengan tema yang diangkatnya, acara ini bertujuan untuk memotivasi mereka sekaligus mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di kelas yang memasuki tahun ajaran baru 2022/2023. 

Dihadapan ratusan peserta yang hadir, Mr. Hari sapaan akrabnya membuka pembahasan dengan menjelaskan betapa pentingnya pengenalan karakter peserta didik untuk dapat berorientasi global. Menurutnya, ada enam (6) karakter Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka Belajar saat ini, diantaranya : Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Bernalar kritis, Berkebhinekaan global, Bergotong – royong, dan Kreatif. 

Dokumentasi suasana kelas saat para siswa SD IT Al-Ihsan Tapen sedang memperhatikan Mr. Hari yang sedang memberikan materi

“Adik – adik harus paham bahwa dengan memiliki karakter yang unggul nantinya cita – cita bangsa menjadi Indonesia Emas tahun 2045 akan terwujud,” pesannya. 

Ia juga menambahkan bahwa siswa harus bersiap membekali dirinya untuk menjadi generasi Go Global agar dapat berkompetisi dengan negara lain dan juga memajukan Indonesia. 

“Untuk menyambut tahun ajaran baru guru dan siswa diharapkan ada sebuah kelas motivasi dari pihak eksternal, disini saya sisipkan pendidikan ataupun media pembelajaran menggunakan AR & VR, dan ternyata mereka sangat tertarik karena sangat tidak biasa dengan pembelajaran sebelumnya yang hanya konvensional..” ungkap Hari. 

Usai sesi motivasi, ia melanjutkan pengenalan metode pembelajaran dengan menggunakan AR dan VR melalui sebuah game dalam bahasa Inggris, yaitu menggunakan aplikasi CAAL (Card AR Animals) yang merupakan media pembelajaran alternatif tentang hewan dengan memanfaatkan AR. 

Sedangkan saat pengenalan VR Game, Ia menggunakan alat bantu VR Glass yang membuat siswa dan guru terlihat semakin antusias dengan teknologi tersebut.

Dokumentasi saat Mr. Hari sedang memperkenalkan VR Game kepada siswa MTsN 4 Banjarnegara
Dokumentasi suasana ruang kelas yang dipenuhi dengan siswa dan guru yang tampak antusias memperhatikan materi yang sedang disampaikan oleh Mr. Hari

Heri Setiawan, Kepala SD IT Al-Ihsan Banjarnegara mengaku sangat senang karena siswa dan gurunya telah diberikan motivasi, serta dikenalkan dengan media pembelajaran modern, yaitu menggunakan AR dan VR. 

Sementara Kepala MTsN 4 Banjarnegara, Sidiq Wibowo, turut memberikan tanggapannya, jika kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi siswa dan guru. Selain dapat membuka informasi study lanjut bagi siswa/i terbaiknya, Smart Talk ini juga membuka wawasan mengenai pembelajaran berbasis AR/VR. Rencananya, akan ada kerjasama tambahan dari kedua pihak, dimana IT Telkom Purwokerto akan melakukan pendampingan dalam kegiatan ekstrakulikuler robotika. 

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti disini, sekolah sedang merancang sebuah aktivitas ekstrakurikuler terkait robotika yang semoga bisa menjalin kerjasama dengan kampus IT Telkom Purwokerto..” tutur Sidiq Wibowo. (ITW)

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait