ITTELKOM-PWT.AC.ID – Dalam meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran, Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) melalui unit Satuan Penjaminan Mutu (SPM) dan Pengembangan Pembelajaran mengadakan workshop mengenai implementasi pembelajaran Daring secara online, (14/9). Narasumber dalam kegiatan tersebut adalah salah satu pakar dalam bidang pembelajaran online yaitu Dr. Nurul Huda, M.Kom. Peserta diikuti oleh Seluruh Dosen ITTP maupun Dosen Luar Biasa yg mengajar di ITTP.

Kegiatan yang diselenggarakan secara online ini memang ditujukan untuk meningkatkan serta mengembangkan sistem pembelajaran. Terutama disaat ini perkuliahan akan diadakan secara daring, dan menjadi suatu keharusan bagi kita sebagai pendidik dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan tersebut.

 “Saat ini ITTP tengah mengembangkan serta mempersiapkan suatu sistem yang dinamakan dengan LMS (Learning Management System) yang terintegrasi dengan sistem I-Gracias. Dimana dosen dan mahasiswa akan terintegrasi melalui satu pintu dengan banyak fitur yang tersedia guna menunjang perkuliahan yang diselenggarakan secara online (daring) yang memiliki standar sesuai dengan SPADA Kemdikbud,” jelas Kepala Bagian SPM dan Pengembangan Pembelajaran, Rima Dias Ramadhani, S.Kom.,M.Kom.

“Diharapkan di semester mendatang dan selanjutnya sesuai arahan Rektor sudah melaksanakan pembelajaran by design sehingga mahasiswa terfasilitasi dan puas akan layanan online learning yang diberikan oleh para Dosen ITTP,” tambahnya.

Memang di saat pandemi covid-19 ini imbas pada semua sektor, salah satunya disektor pendidikan. Kita harus didorong bahkan dipaksa untuk terbiasa dengan sistem pembelajaran secara daring. Implementasi dalam pembelajaran Daring beragam. Benar apa yang disampaikan oleh Ibu Rima, LMS merupakan sistem yang friendly bagi penggunannya. Sebagai pengajar kita akan mampu untuk melakukan evaluasi terhadap para mahasiswa, bahkan memungkinkan untuk mengembangkan softskill (pembentukan karakter), jelas Narasumber Dr. Nurul.

Tantangan dalam pembelajaran Daring sendiri yang harus dihadapi adalah adanya kondisi baru tetapi mindset masih tradisional. Kuliah daring tidak hanya video conference (sinkron), tapi butuh pengetahuan tentang learning management system dan persiapan materi audio, video, dan modul kuliah (asinkron).

ITTP sebagai kampus ICT saat ini secara sistem telah siap dalam menyelenggarakan pembelajaran secara Daring. Ini sesuai dengan motto kampus bridging technology for humanity. Untuk menunjang fasilitas tersebut saat ini tengah dikembangkan pula smart classroom di ITTP.

Open chat