Video Kreatif Mahasiswa ITTP jadi Juara Favorit Video Challenge oleh KOK BISA

Mahasiswa S1 Teknik Informatika terpilih sebagai Juara Favorit Science Video Challenge : Climate Change 101 yang diumumkan pada Jumat, (23/4) yang lalu. Lomba ini sebagai rangkaian akhir dari kegiatan mentoring yang diselenggarakan oleh KOK BISA bersama dengan Madani Berkelanjutan dan Golongan Hutan, dalam rangka memperingati Hari Bumi. Bertemakan tentang Climate Change 101, KOK BISA menantang para peserta untuk adu kreasi dalam membuat video yang inovatif dan kreatif berkaitan dengan tema. Kompetisi nasional ini diikuti oleh mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi. 

Hanan Afif Ramadhan merupakan mahasiswa S1 Teknik Informatika ITTP angkatan 2018, sementara rekan setimnya Tiara Widya Kusuma, adalah mahasiswi D3 Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro. Karya mereka pada kompetisi ini, yakni sebuah video yang berjudul “Casan, Pemanasan, dan Hutan”. Ini bercerita tentang benda yang dijumpainya sehari – hari, yakni terminal listrik. Mereka mendapat fakta jika “colokan listrik” yang tidak dicabut itu masih terus mengalirkan listrik, hal ini menjadi salah satu penyebab dari pemanasan global.  

“Alasan saya mengikuti lomba ini karena merasa tertantang. Awalnya saya hanya berniat untuk ikut dalam kelas mentoring yang diadakan oleh KOK BISA, karena bisa menambah ilmu secara gratis. Intinya lomba ini bonus bagi saya”, ungkap Hanan Afif, seorang Video Kreator sekaligus mahasiswa ITTP.  
Untuk bisa bergabung dalam rangkaian acara ini, Ia harus bersaing dalam babak seleksi dengan sekitar 300 orang lainnya. Seleksi ini berupa penilaian portofolio peserta. Hasilnya, peserta akan dibagi kedalam beberapa kelompok mentoring. Materi yang dibagikan meliputi scripting, riset, animasi, sampai tentang lighting. Baginya video ini menjadi wujud nyata implementasi dari materi selama mentoring. (ITW)

Dokumentasi Video Kreatif “Casan, Pemanasan, dan Hutan”.
Sumber https://www.youtube.com/hashtag/sciencevideochallenge2021
Dokumentasi cuplikan video “Casan, Pemanasan, dan Hutan”