Hari Sabtu, (12/12), weekend tidak menjadi alasan untuk berhenti belajar bagi mahasiswa dan alumni ITTP. Dengan semangat, mereka mengikuti webinar yang diadakan CDC ITTP yang bertemakanl “Career Hacks : How to Get Hired in Tech”.

Pembicara kali ini merupakan wanita muda yang inspiratif, Rizca Nur Afivtya Puteri. Ia merupakan seorang spesialis recruitment dan reviewing & recruiting. Bertindak sebagai moderator webinar, Ulfia Ramadhaniyahti, salah satu tim dari MAUKERJA.ID.

Acara yang dipandu oleh Merlinda Wibowo, M.Phil ini bekerja sama dengan MAUKERJA.ID dalam memberikan materi webinar. Terbagi menjadi 4 sesi pembahasan, yaitu tantangan yg dihadapi freshgraduate setelah 2020, bagaimana tech recruiter menilai potensi fresh graduate, 8 strategi untuk berkarir diranah teknologi, dan diskusi bersama. 

Acara yang dihadiri oleh ratusan peserta ini, terdiri dari mahasiswa dan alumni ITTP. Mereka sangat antusias mengajukan pertanyaan saat sesi diskusi dengan pembicara.

“Persaingan kerja bagi fresh graduate saat ini jadi lebih ketat, karena terdampak Covid19 baik secara sosial dan ekonomi. Jadi kalian harus mempersiapkan diri dengan baik dan matang“, pesan Rizca Nur Afivtya.

Terdapat 4 potensi yang dimiliki oleh freshgraduate, diantaranya self learning, new perspectives, mode tech-savvy, valuable investments. Intinya freshgraduate harus selalu mempunyai keinginan belajar yang kuat dan adaptif dengan segala perubahan yang dihadapi, termasuk perubahan teknologi.

Keempat potensi tersebut harus terus dilatih dan dikembangkan oleh mahasiswa. Dan untuk mengembangkan potensi tersebut, tentu mahasiswa harus merancang strategi agar bisa berkarir diranah teknologi. 

“Intinya, kalian bisa memperluas pengetahuan dengan cara eksplor potensi dalam diri kalian, bisa dengan nulis di media sosial, ikut kegiatan sosial, memperluas koneksi, mencari mentor, aktif ikut course yang berkaitan dengan bidang keilmuan kalian”, jelas Rizca Nur Afivtya.

Selanjutnya dilanjutkan dengan pembahasan mengenai 2 poin penting yang menjadi penilaian HR dalam proses recruitment para freshgraduate. Pertama, technical competency, meliputi technical skills, portofolio, dan experiences. Kedua, soft competency, yaitu the right mindset, desire, dan cultural fit

Webinar ini memberikan manfaat dan kesempatan kepada mahasiswa maupun alumni untuk dapat menjelaskan pengembangan karir di ranah teknologi. (ITW)

Open chat