ITTELKOM-PWT.AC.ID – Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) pada hari Jumat (25/9), mengadakan Webinar E – Learning tentang penggunaan BigBlueButton. Kegiatan yang diselenggarakan secara online tersebut diikuti oleh seluruh Dosen ITTP dan Dosen Luar Biasa.

Webinar kali ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dikhususkan dalam meningkatkan sistem pembelajaran yang ada di kampus ITTP, khususnya penyelenggaraan pembelajaran secara daring (E-Learning). Dimana E-Learning ini menjadi keutamaan dalam memberikan perkuliahan untuk para mahasiswa disaat pandemi Covid-19 masih mewajibkan mahasiswa untuk belajar dirumah (Student From Home).

Platform BigBlueButton sendiri adalah Open Source Web yang memiliki fungsi untuk mendukung pembelajaran daring. Sehingga para penggunanya dapat melakukan sharing audio dan video, presentasi dengan kemampuan papan tulis yang diperluas – seperti pointer, zooming dan drawing – chat publik dan pribadi, sharing desktop, VoIP terintegrasi menggunakan FreeSWITCH , dan dukungan untuk presentasi dokumen PDF dan dokumen Microsoft Office. Selain itu, pengguna dapat memasuki konferensi di salah satu dari dua peran: pemirsa ataupun moderator.

Wahyu Andi Saputra, S.Pd., M.Eng., narasumber dalam webinar tersebut mengatakan, bahwa saat ini untuk mendukung pembelajaran dan peningkatkan kemampuan dari Dosen, perlu adanya perubahan atau ujicoba mengenai ragam platform pembelajaran secara daring, salah satunya BigBlueButton. “Sangat mudah dalam menggunakan platform ini sebagai media pembelajaran, terutama untuk mendukung LMS ITTP. Tetap semangat bagi para peserta, dan tetap berkreativitas dalam menggunakan ragam platform e-learning,” katanya. Pada akhir acara webinar, ditutup dengan pembuatan secara bersama  – sama mengenai penggunaan LMS yang digunakan oleh Dosen ITTP untuk proses pembelajaran Daring. Disesuaikan dengan menghubungkan dengan platform BigBlueButton yang sudah dipelajari sebelumnya.

Open chat