Webinar Internasional Data Science ITTP

Sabtu, (5/2) program studi Data Science IT Telkom Purwokerto menyelenggarakan Webinar dengan tema “The Acceleration of Artificial Intelligence in Data Science to Face Metaverse World”. Webinar ini diselenggarakan sebagai puncak dari rangkaian acara Dies Natalis ke-2  prodi tersebut. 

Mengundang narasumber yang ahli dalam bidangnya, yaitu Agus Sasmito Aribowo, S.Kom., M.Cs., PMP, (PhD Student at UTeM Malaysia) dengan materi Artificial Intelligence and Data Science dan Isna Alfi Bustoni, S.T., M.Eng., (PhD Student at University of Glasgow) yang membawakan materi Augmented Reality (AR) or Virtual Reality (VR) and The Implementation in Metaverse. Acara sukses diikuti oleh beragam peserta, baik dari internal ITTP maupun mancanegara.

Dokumentasi saat Agus Sasmito sedang menyampaikan materinya

Metaverse menjadi trending setelah munculnya istilah Sandbox Metaverse. Sandbox sendiri merupakan dunia virtual tempat pemain dapat membangun, memiliki, sekaligus menghasilkan uang dari penjualan aset yang dimiliki di game The Sandbox ini. Dengan mengusung konsep metaverse, melalui game ini pemain juga dapat berinteraksi langsung dengan orang lain di dunia virtual

Dalam materinya, Agus Sasmito memberikan banyak sekali pengetahuan baru tentang Metaverse, perkembangan AR dan data science yang sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan maupun karir di bidang terkait nantinya.

“Seperti yang kita tahu perusahaan sebesar Facebook mulai mengubah namanya menjadi Meta dan akhirnya mulai banyak media sosial yang bergabung kesana, salah satunya adalah Whatsapp. Jadi mau tidak mau kita harus bisa menyesuaikan dan bergabung di sana, baik itu dalam riset, penelitian, serta tentunya dapat turut berperan pada proses perkembangannya,” ungkapnya membuka sesi materi. 

Dokumentasi saat Isna Alfi Bustoni menyampaikan materinya tentang Metaverse

Sementara itu, berkaitan dengan yang telah dijelaskan oleh Agus Sasmito, Isna juga membuka mata para peserta webinar tentang AR/ VR dan implementasinya di Metaverse. Perlu diketahui, bidang yang dibahas ini sesuai dengan riset yang dilakukannya di University of Glasgow. 

“Meskipun dunia Metaverse belum sepenuhnya diimplementasikan di seluruh aspek kehidupan saat ini, tak ada salahnya kita mulai mempelajarinya dari sekarang,” pesan Isna.

Dekan Fakultas Informatika, Auliya Burhanuddin, S.Si., M.Kom juga menyambut baik adanya webinar dengan materi yang kekinian ini. 

“Saya sangat senang sekali dengan adanya webinar kali ini karena kita bisa belajar langsung dari pakarnya. Semoga webinar hari ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat mengambil manfaat, agar kualitas mutu dari Fakultas Informatika, khususnya prodi Data Science dapat lebih baik lagi.” (ITW)

Dokumentasi dari Auliya Burhanuddin yang menghadiri acara

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait