WEBINAR JOURNAL SERIES

LPPM IT Telkom Purwokerto mengadakan webinar jurnal series yang dilaksanakan selama 2 hari, yakni 18 & 20 Maret 2021. Dilaksanakan secara online melalui zoom meeting, webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan dan penulisan jurnal baik skala nasional maupun internasional. 

Pada kesempatan ini LPPM mengundang 3 orang narasumber yang berkompeten dibidangnya. Mereka adalah Yaris Adi Maretta, M.Pd. (Ketua Pengurus Daerah RJI Jateng), Andri Putra Kesmawan, M.Pd. (Ketua Pengurus Pusat RJI), dan Prof. Dr. Ir. I Komang Gede Wiryawan (Ketua Himpunan Editor Berkola Ilmiah Indonesia) sekaligus Chief Editor of Tropical Animal Science Journal (Q2)

Terdapat 2 orang narasumber yang menjadi pemateri webinar pada hari pertama, (18/3). 

Yaris Adi Maretta, M.Pd. menyampaikan materi dengan tema “Pengelolaan Jurnal Sesuai Standar Penerbitan”.

Sedangkan Andri Putra Kesmawan, M.Pd. mengangkat materi yang bertemakan tentang “Tips dan Strategi Akreditasi Nasional (target sinta 2)”. Ia juga menyampaikan manajemen penerbitan terbitan berkala ilmiah, serta substansi dan gaya penulisan artikel. 

Keduanya membagikan tips dan cara menulis jurnal, proses teknis penilaian akreditasi, dan menjelaskan alur akreditasi pada sesi diskusi bersama dengan peserta webinar. 

“Saya harap nantinya bapak dan ibu dapat menyusun jurnal dengan baik dan nantinya bisa lolos penerbitan”, ucap Andri menutup sesi pematerian. 

Pada hari kedua, (20/3) materi dibawakan oleh Prof. Dr. Ir. I Komang Gede Wiryawan. Beliau menyampaikan materi bertema “Towards SCOPUS Indexing”. Beliau menjelaskan banyak tentang editing jurnal di SCOPUS, berbagai macam tips tentang penulisan, dan analisis pada penelitian untuk membuat jurnal. 

Pada sesi diskusi, para dosen yang hadir khususnya dari bagian LPPM, Danny Kurnianto, S.T.,M.Eng, terlihat sangat antusias saat menyampaikan pertanyaan kepada Prof. Dr. Ir. I Komang. 

Acara yang dihadiri oleh sekitar 30 orang dosen lebih ini ditutup dengan sesi foto bersama. (ITW)

Dokumentasi Prof. Dr. Ir. I Komang Gede Wiryawan pada saat webinar berlangsung
Dokumentasi Yaris Adi Maretta, M.Pd. pada saat sesi diskusi bersama
Dokumentasi Andri Putra Kesmawan, M.Pd. saat menjawab pertanyaan dari peserta webinar

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait