Pada webinar yang diadakan oleh Fakultas Informatika IT Telkom Purwokerto kali ini mengundang seorang narasumber yang sangat berkompeten dibidang jurnal ilmiah, yakni Dr. Eng. Sunu Wibirama, S.T., M. Eng. Beliau merupakan seorang Dosen Departemen Teknik Elektro dan Teknologi FT UGM, juga sekaligus sebagai Section Editor-in-Chief untuk ASEAN Engineering Journal bidang Computer and Information Engineering. 

Webinar yang berlangsung pada hari Sabtu, (29/3) lewat zoom meeting ini memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para akademisi tentang bagaimana cara membuat jurnal ilmiah internasional bereputasi. Acara ini juga diikuti berbagai peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa ITT serta eksternal. 

Pada kesempatan ini, narasumber menyampaikan materi yang berjudul, “Writing a Publishable Scientific Articles for International Reputable Journal” yang meliputi beberapa penjelasan mengenai research. 

Tak lupa Ia juga menyampaikan mengenai 4 tahap penting untuk publikasi, diantaranya : Mengidentifikasi jurnal target sebelum melakukan penelitian; Membaca jurnal teknik secara Efektif; Mengidentifikasi masalah penelitian dari pekerja sebelumnya; dan Mempersiapkan alur artikel. 

Ia juga memberikan sedikit pesan pada saat sesi pematerian tengah berlangsung. 
Before you write your manuscript, you have to define types of scientific contribution in your field”, tuturnya seraya melanjutkan sharing materi. (AM/ITW)

Dokumentasi Dr. Eng. Sunu Wibirama, S.T., M. Eng saat memberikan materi webinar