ITTELKOM-PWT.AC.ID – Belum lama ini (27/8), Unit Pelayanan Perpustakaan Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) mengadakan webinar menulis karya ilmiah : metodologi penelitian dan plagiarism. Narasumber dalam acara tersebut menghadirkan para Doktor ITTP. Yaitu Dr. Anggun Fitrian, M.Eng., Dr. Irwan Susanto M.M, dan Dr, Tenia Wahyuningrum S.Kom.,M.T.
Ketiga narasumber masing – masing menyampaikan topik yang berbeda. Narasumber pertama menyampaikan mengenai materi metode penelitian dengan paradigma kuantitatif yang disampaikan oleh Dr. Anggun. Kemudian narasumber kedua, yaitu Dr. Irwan memberikan materi tentang metode penelitian dengan paradigma kuantitatif. Sedangkan materi terakhir adalah tips dan trik bebas plagiarism yang disampaikan oleh Dr. Tenia. Untuk peserta webinar sendiri, sebagian besar adalah mahasiswa internal ITTP, maupun eksternal.

Menurut salah satu peserta webinar, Ferdi Ferdianto, bahwasanya yang disampaikan oleh para narasumber sangat memberikan manfaat dan pengetahuan, khususnya bagi kita para mahasiswa. Salah satunya adalah kami dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi ragam permasalahan yang dihadapi mahasiswa ketika salah satu sitasi yang kita pakai tidak terdeteksi oleh sistem plagiarism.

Dr. Anggun mengatakan, kegiatan webinar kali ini memang harapannya mahasiswa mampu dengan mudah memahami ragam metode penelitian dan cara membuat beberapa kutipan yang sesuai dengan panduan agar terhindar dari plagiarism. “Alhamdulillah, peserta yang ikut semua sangat antusias, mudah – mudahan dipertemuan selanjutnya, animo peserta makin tinggi dan ilmu yang diberikan bisa diterima serta bermanfaat,” katanya.

Open chat