ITTELKOM-PWT.AC.ID – Institut Teknologi Telkom Purwokerto menggelar Webinar Nasional pada hari Rabu (10/5). Dalam webinar nasional dengan tema Tata Kelola dan Sistem Enterprise dalam Mewujudkan Desa Cerdas dihadiri secara langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Drs.H.Abdul Halim Iskandar, M.Pd. Turut hadir Chief Digital Innovation Officier PT. Telkom Indonesia Faizal R.Djoemadi, Direktur LANSKAP Indonesia Agung Wasono,ME.MPPG.,MDS sebagai narasumber. Juga dalam webinar tersebut hadir Wakil Bupati Banyumas Drs. H. Sadewo Tri Lastono.

Peserta dalam webinar nasional diikuti oleh masyarakat umum, dan akademisi. Acara dibuka secara langsung oleh Rektor ITTP, Dr. Ali Rokhman. M.Si.

Rektor ITTP Memberikan Sambutan dalam Webinar

Dalam sambutannya, Rektor ITTP mengatakan, acara webinar nasional yang diselenggarakan merupakan bagian dari visi dan misi lembaga, serta sesuai dengan tagline kami bridging technology for humanity. Bagaimana teknologi yang kami kembangkan serta pelajari dapat bermanfaat oleh masyarakat. Kami berharap kedepan akan ada kolaborasi dengan kementerian Desa dalam membangun Desa Cerdas. Kami siap untuk berkolaborasi, dan dengan adanya konsep kampus merdeka, memberikan ruang bagi mahasiswa kami untuk berperan dalam pembangunan di Desa, menuju smart village, katanya.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi berikan pemaparan kepada para peserta webinar.

Menteri Desa, PDTT Drs.H. Abdul Halim,M.Pd, mengungkapkan, bahwasanya kegiatan webinar nasional yang diadakan oleh kampus ITTP sangatlah strategis dan dibutuhkan masyarakat. Terutama oleh Kementerian kami, yang erat kaitannya dengan pengembangan Desa digital. Harapan kami beberapa tahun kedepan 50% dari Desa yang ada di Indonesia menjadi Desa Digital. Oleh karenannya, kami sangat berharap dukungan dari perusahaan maupun lembaga yang bergerak dalam teknologi, terutama peran dari perguruan tinggi mampu berkolaborasi dalam merealisasikan harapan kami tersebut. Bersama – sama membangun, bersinergi, memperluas jaringan internet. Sehingga 11231 desa yang belum terkoneksi dengan jaringan internet, menjadi terkoneksi internet.

Chief Digital Innovation Officier Telkom Indonesia memberikan pemahaman mengenai program Smart Village Nusantara.

Saat ini Telkom memiliki program Smart Village Nusantara. Tujuan dari program ini adalah membangun ekosistem digitalisasi Desa yang mandiri. Harapannya, adanya program kami dapat meningkatkan ekonomi pedesaan menggunakan konsep e-commerce di berbagai sektor, jelas Faizal R Djoemadi.

Agung Wasono, yang juga narasumber dalam webinar mengatakan,  transformasi Smart Village memang akan merubah dari situasi tradisional menjadi digital (memanfaatkan jaringan internet). Ada 4 pilar dalam membangun Desa Cerdas (smart village). Yaitu : Smart people, Smart government, Smart economy, dan Smart environment.