Selasa, (23/2) CDC IT Telkom Purwokerto mengadakan webinar bersama dengan FHCI – BUMN, dengan tema “Tips & Trik : Persiapan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) FHCI – BUMN 2021”. Pada webinar kali ini, ITTP mengundang Sofyan Rohidi selaku Executive Director of Human Capital Indonesia.

Acara yang dipandu oleh Ainun Besari, mahasiswi ITTP ini dibuka dengan laporan kegiatan webinar oleh Tri Ginanjar Laksana, M.Cs., M.Kom, selaku kepala urusan CDC ITTP. Setelah laporan selesai, dilanjutkan oleh pemaparan materi oleh Sofyan Rohidi, diantaranya PMMB-FHCI BUMN; Jenis – jenis magang FHCI BUMN; Hak dan kewajiban peserta PMMB-FHCI BUMN; dan Persiapan mahasiswa magang PMMB-FHCI BUMN. 

Webinar kali ini dihadiri oleh sebanyak 128 orang mahasiswa. Diadakan secara gratis dengan benefit yang ditawarkan, seperti e-sertifikat dan ilmu yang bermanfaat. 

Tak lupa disampaikan kepada para mahasiswa tentang program unggulan FHCI dari tahun 2016 – 2020. Total ada 3 program, yaitu Sharing Best Practice BUMN (sebagai sarana berbagi pengetahuan, berinteraksi, bersinergi, dan saling belajar di lingkungan BUMN; meningkatkan kemampuan dan daya saing BUMN; dan membangun budaya sharing and learning agility), lalu yang kedua ada Program Magang Mahasiswa Bersertifikat atau PMMB (link and match universitas dengan industri; untuk mempersiapkan dan menciptakan SDM Indonesia yang unggul), dan yang terakhir ada Talent Internship & Advancement (untuk berbagi pengetahuan dan best practice antar perusahaan baik domestik maupun global; peningkatan proses kerja untuk meningkatkan daya saing dalam industri; dan peningkatan kerjasama yang sinergi diantara BUMN). 

Ia juga menjelaskan berbagai benefit yang didapatkan dari mengikuti program PMMB ini, diantaranya Magang yang diadakan selama 6 bulan ini setara dengan kurang lebih 20 sks.

“Banyak sekali benefit yang bisa kalian dapatkan ketika mengikuti PMMB di BUMN ini, seperti mendapatkan pengalaman, dapat belajar hal baru, meningkatkan pengetahuan, kesempatan berkarir di BUMN, dapat mengenal dunia kerja sungguhan, mendapatkan sertifikat magang, dan kalian juga bisa dapat uang saku”, ungkap Sofyan Rohidi pada sesi pemaparan materi. 

Perlu diketahui jika kegiatan pemagangan ini termasuk ke dalam 8 poin kegiatan mahasiswa yang dapat dilakukan di luar kampus, asalkan masih dalam konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (ITW)

Dokumentasi Sofyan Rohidi selaku Executive Director of Human Capital Indonesia
Dokumentasi Webinar bersama dengan FHCI – BUMN