Webinar Pengenalan dan Prospek Kerja Lulusan Prodi S1 Teknik Logistik di Indonesia

Dok. Dir. HE Yayasan Pendidikan Telkom, Ir. Agung Sutanto Adi Susetyo, M.Eng.

Hari Kamis, (29/7) telah dilaksanakan acara webinar series tentang Pengenalan dan Prospek Kerja Lulusan Program Studi S1 Teknik Logistik di Indonesia. Acara yang berlangsung melalui zoom meeting ini menghadirkan tiga kampus di bawah Yayasan Pendidikan Telkom, yakni Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Institut Teknologi Telkom Surabaya, dan Telkom University. Ketigany sama – sama mempunyai jurusan Teknik Logistik dan ingin mengenalkan lebih jauh seperti apa prodi tersebut, beserta dengan keunggulan yang dimilikinya. 

Acara ini melibatkan beberapa narasumber yang berasal dari perguruan tinggi masing – masing serta asosiasi, diantaranya Ir. Mahendra Rianto, C.S.L.P., E.S.Log (Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia); Dr. Putu Giri A.K., S.T., M.T., CPLM (Kaprodi S1 Teknik Logistik Telkom University); Miftahol Arifin, S.T., M.T (Dosen S1 Teknik Logistik ITTelkom Purwokerto); dan Abduh Sayid A., M.T., M.Sc Ph.D. (Kaprodi S1 Teknik Logistik ITTelkom Surabaya). Dengan moderator acara yang diwakili oleh Hardian Kokoh P., S.T., M.T., MBA (Dosen S1 Teknik Logistik Telkom University). 

Program studi Teknik Logistik pada ketiga kampus ini merupakan sebuah jurusan baru yang berfokus pada bidang logistik berbasis IT atau tepatnya smart logistic, sehingga prosesnya dapat dilakukan lebih baik karena menerapkan IT system. Teknik logistic sendiri bergerak pada bidang ilmu teknik yang mempelajari tentang aliran material dan produk jadi mulai dari pengadaan bahan baku, transportasi, sistem penyimpanan, distribusi produk, hingga pergudangan yang dilakukan secara scientifik. (https://le.ittelkom-sby.ac.id/

Ketiga perguruan tinggi ini menawarkan keunggulannya masing – masing, seperti Tel-U yang mengedepankan pemanfaatan IT pada proses bisnis logistik. Sementara itu, untuk ITTS dikarenakan lokasinya yang strategis berada dekat dengan jalur pusat transportasi laut Indonesia, Tanjung Perak, maka mereka berfokus pada proses logistik yang dapat membantu pada pendistribusian barang yang tetap menerapkan prinsip smart logistic (IT system). Kemudian yang terakhir adalah ITTP, dimana kampus ini menawarkan prodi yang berfokus pada bidang health-care, Agro-industry, Tourism, dan small-medium enterprise berbasis informasi dan komunikasi.   

“Ada sembilan poin yang dapat menjadi catatan pertimbangan bagi para calon mahasiswa yang memiliki minat pada jurusan Teknik Logistik, diantaranya logistik ini ada di semua organisasi, memiliki taktik bisnis yang baik tidak akan berhasil jika tidak dibarengi dengan pengorganisasian logistik yang baik juga, dengan logistik yang baik tentunya akan memberikan layanan yang baik juga, logistik melibatkan skill komunikasi yang baik, menuntut kerjasama tim dan memanfaatkan environment yang ada, kemudian logistik menuntut kita untuk berkompetisi dengan organisasi yang lainnya, gistik juga sebagai bidang yang mempersiapkan disaster relief

Selanjutnya, logistik juga menjadi salah satu penentu kesuksesan sebuah e-commerce. Yang terakhir, dan perlu kalian para calon mahasiswa perlu ingat bahwa berkaca dari Amerika, yang menyebutkan jika logistik adalah “great path to be CEO”, dimana salah satu contohnya adalah Tim Cook, CEO Apple, yang pada awalnya bergelut pada bidang logistik atau supply chain” tutur Dir. HE Yayasan Pendidikan Telkom, Ir. Agung Sutanto Adi Susetyo, M.Eng, yang hadir langsung pada webinar ini.  

Ia juga berharap semoga poin – poin keunggulan yang disampaikan tadi menjadi inspirasi bagi para calon mahasiswa untuk meyakinkan diri masuk pada prodi Teknik Logistik di Perguruan Tinggi Telkom.

Diharapkan dengan adanya prodi Teknik Logistik ini dapat disambut baik oleh masyarakat, serta tentunya dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan dan pengabdian masyarakat. (TS/ITW)

Komentar

Baca Berita terkait