Pagi yang luar biasa di hari Sabtu, (5/12), mahasiswa ITTP beserta para dosen mengikuti webinar dengan tema “Peran Sumber Daya (Teknologi & Manusia) Telekomunikasi dalam Pengembangan Industri 4.0”.

Webinar ini disampaikan oleh narasumber dari PT POCA, yaitu Agus Sophian selaku CEO & President Director POCA Group. 

Dalam webinar kali ini hanya dikhususkan untuk mahasiswa ITTP saja, sebagai permintaan dari Bp Agus Sophian. Ini berkenaan dengan materi yang disampaikan agar bisa tepat sasaran dan dinilai sesuai dengan bidang keilmuan di lingkungan ITTP. 

Acara ini difasilitasi oleh unit CDC ITTP, sekaligus sebagai bentuk nyata dari kerjasama dengan Pusat Pengembangan Karir dan Alumni bersama dengan Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro IT Telkom Purwokerto. 

Materi webinar terbagi menjadi 5 sub bab, diantaranya : General Information, Telecommunication Infrastructures, Mobile Telecommunication Implementation, Industries 4.0 & Use case, dan yang terakhir People’s. 

Berkarir di bidang Mining and Telco Industry sudah beliau jalani semenjak lulus dari STT Telkom Bandung pada tahun 1997. Berkat kemauan keras dan semangat dalam bidang teknologi dan telekomunikasi membuat beliau bertekad untuk mendirikan POCA Group pada tahun 2007. 

Dalam sesi penyampaian materi banyak sekali informasi dan pengetahuan seputar teknologi dan telekomunikasi yang dibagikan kepada para peserta, khususnya mahasiswa. 

Diantara banyak materi tersebut, salah satunya adalah bagaimana perkembangan sumber daya, serta bisnis teknologi dan telekomunikasi di Indonesia yang bisa dikatakan terus mengalami pembangunan. Meskipun terbilang masih tertinggal oleh negara – negara maju, seperti Amerika, China, dll. Beliau menekankan dan optimis, bahwa sumber daya yang ada saat ini, seperti lulusan ITTP bisa ikut berperan serta dan turut andil memajukan Indonesia dalam bidang ini kedepannya. 

Baginya, bisnis merupakan sebuah pekerjaan men-deliver value kepada masyarakat.

“Semua mahasiswa yg sedang kuliah, kalian sedang dalam proses menciptakan value dari kuliah ini. Proses pembuatan kalian pasti sama, karena kuliah di satu tempat yang sama. Value itu merupakan sebuah persiapan untuk nantinya terjun langsung dan diimplementasikan di masyarakat”, ungkap Agus Sophian. 

Usai sesi materi selesai, dilanjutkan dengan sharing dan tanya jawab. Banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengajukan pertanyaan, yang tentunya disambut antusias oleh Agus Sophian. Sayangnya, waktu sesi ini tidak cukup untuk menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa. 

Sesi selanjutnya beliau mengadakan kuis dengan memberikan 5 pertanyaan seputar materi yang disampaikannya tadi. Kuis tersebut disambut antusias oleh para mahasiswa yang ikut dalam webinar. Pemenang kuis beliau mendapat apresiasi dari CEO POCA GROUP berupa hadiah uang tunai. 

Diakhir, tak lupa Sophian berpesan kepada seluruh mahasiswa ITTP. 

“Ada dua hal yang harus kalian pegang teguh dan harus kalian bangun sejak saat ini, yaitu Mindset dan Mentality”, pungkasnya dengan nada bersemangat. (ITW)

Open chat