ITTELKOM-PWT.AC.ID – Career Development Center (CDC) Institut Teknologi Telkom Purwokerto (IT Telkom Purwokerto), pada akhir pekan kemarin (20/6) mengadakan Webinar Series dengan tema “Membangun Kesehatan Mental Bagi Fresh Graduate di Masa Pandemi Covid-19”. Narasumber dalam webinar kali ini menghadirkan praktisi klinis okupasi terapi dan konsultan pediatric-mental health, Setya Prihartanti S.Tr.OT.NMTC.OT. Untuk peserta dalam webinar mayoritas diikuti oleh mahasiswa aktif, siswa SMA/SMK sederajat, juga beberapa dari masyarakat umum.

Tri Ginanjar Laksana S.Kom., M.Cs. M.Kom. Kepala Urusan (Kaur) CDC IT Telkom Purwokerto, mengatakan, kegiatan webinar yang diadakan oleh unit kami merupakan salah satu tujuan untuk membangun karakter mahasiswa yang unggul dan siap menghadapi dunia kerja, terlebih pada saat ini dihadapkan pada masa Pandemi Covid-19. Perlu persiapan – persiapan bagi mahasiswa, salah satunya adalah membangun mental yang kuat. Tidak boleh fresh graduate memiliki kesehatan mental yang traumatik. “Mudah-mudahan para peserta webinar mengikuti, menyimak, dan mempelajari setiap materi yang diberikan oleh narasumber,” katanya.

Sementara, narasumber dalam webinar Setya Prihartanti mengungkapkan, secara pribadi saya sangat senang bisa hadir dan berbagi pengalaman dengan para peserta webinar, yang sebagian besar adalah mahasiswa aktif. Kesehatan mental para freshgraduate pada masa pandemi covid-19 saat ini adanya transisi antara kuliah dan kehidupan nyata adalah aspek yang menakutkan dalam hidup, sehingga beberapa dari mahasiswa mengalami tekanan mental/depresi. Stress memang respon alami, akan tetapi baiknya untuk diperhatikan karena stress berlebih akan mengganggu kesehatan kalian, ungkapnya.

Rasa khawatir dan trauma sindrom (Post Trauma Syndrome Disorder/PTSD), merupakan dua trigger yang mengandung faktor resiko bagaimana individu mengalami gangguan mental.

Ada beberapa yang bisa kita lakukan. Diantaranya yaitu : Membuat perencanaan tepa tantara ekspetasi dengan realitas. Membangun dan memperat dengan keluarga dan teman, serta berteman orang baru. Membuat Struktur dan tujuan dalam hidup kalian. Berhenti untuk membandingkan diri kalian dengan orang lain. Tidur dan Olahraga secara rutin, dan terakhir adalah jalani hidup dengan pola hidup yang sehat, tambahnya.

Open chat