ITTELKOM-PWT.AC.ID – Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) mengadakan workshop yang diadakan secara online, dengan tema “Optimasi Wifi Work From Home (WFH)”. Narasumber dalam workshop tersebut adalah Dosen Teknik Telekomunikasi ITTP, Ahmad Rizal D S.T., M.T., dan Kholidiyah Masykuroh S.T., M.T, Senin (4/5).

Dalam mengoptimalkan kualitas dari jaringan wifi salah satu yang bisa kita lakukan adalah selalu rutin cek jaringan sinyal. Serta cek kondisi perangkat keras (Router/Kabel jaringan).

Narasumber memberikan materi workshop pada para peserta

“Selain kedua hal tersebut, dalam menjaga jaringan WiFi tetap stabil disaat WFH  adalah meminimalisasi penggunaan perangkat dan aktivitas streaming, misalnya bermain game. Kemudian gunakan tab browser yang diperlukan, karena makin banyak tab yang dibuka akan memperlambat jaringan,” jelas narasumber pertama Kholidiyah.

Dalam Work From Home maupun Student From Home disaat pandemik Covid-19 sangat bergantung pada kualitas jaringan (WiFi). Sangat perlu untuk terus menjaga stabilitas jaringan, sehingga pekerjaan maupun belajar secara daring tetap terjaga (lancar).

Salah satu materi workshop yang disampaikan oleh narasumber

“Memang benar, stabilitas jaringan (WiFi) pada saat pandemik Covid-19 adalah kunci dari menjalankan aktivitas. Faktor pelemah atau pemburuk sinyal yang selalu terjadi dipengaruhi oleh tiga faktor. Faktor jarak, faktor penghalang, dan faktor interferensi. Saran saya untuk tetap menjaga sinyal ideal (40dBm s/d 60dBm), letakan Acces Pont WiFi anda di lokasi paling strategis untuk semua penghuni rumah, ” jelas narasumber kedua Ahmad Rizal Danisya S.T., M.T.

Kegiatan workshop Optimasi Wifi merupakan bagian dari agenda rutin yang diadakan oleh Unit Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat(LPPM) selama masa pandemik Covid-19. Rencana akan diadakan tiap minggu dengan narasumber dan tema berbeda.