Prodi Sains Data ITTP mengadakan Workshop Penulisan Buku ber ISBN selama 2 hari, yakni pada 24 – 25 Maret 2021 secara online melalui zoom meeting. Kali ini narasumber yang diundang merupakan Dosen dan Direktur Penerbit Wawasan Ilmu, Nur Wahid, M.H. Acara ini diselenggarakan utamanya untuk meningkatkan minat dosen dalam menulis buku teks atau buku ajar. 

Dalam sesi pematerian, pembicara memaparkan beberapa hal, yaitu tentang spesifikasi buku, pendalaman buku referensi, perbandingan buku referensi dan monograf, perbedaan buku ajar dan buku referensi, trik menyusun buku referensi, kode etik penulisan buku, serta memberikan tips bagaimana agar giat dalam menulis, dan masih banyak lagi. 

Pada kesempatan ini juga diadakan diskusi bersama, salah satunya dari peserta yang menyampaikan sebuah pertanyaan mengenai bagaimana jika kegiatan paraphrasing dengan menggunakan aplikasi. 

“Menurut saya jangan menggunakan alat bantu seperti itu dahulu, lebih baik kita menulis atau mengetik sendiri. Ini bertujuan untuk menghindari plagiarism. Selain itu, karena saya rasa otak manusia lebih cerdas dari pada alat seperti itu”, jawab Nur Wahid, M.H. 

Tak lupa narasumber juga memberikan materi tentang tata cara menerbitkan buku ajar beserta dengan royaltynya. (ITW/AM)

Dokumentasi Atika Ratna Dewi, S.Si.,M.Sc
Dokumentasi foto bersama pada saat webinar