ITTELKOM-PWT.AC.ID – Dalam memperkuat silaturami dengan seluruh sivitas akademika, terutama dalam memberikan motivasi bagi mahasiswa aktif Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP). Alumni ITTP melalui Unit Career Development Center (CDC) mengadakan sharing (berbagi) dalam menghadapi dunia kerja yang dilakukan secara online, belum lama ini (7/5).

Kaur CDC Tri Ginanjar Laksana, S.Kom.,M.Kom.,M.Cs, mengatakan, kegiatan ini kami harapkan bisa menumbuhkan semangat bagi para mahasiswa yang mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia kerja. Perlu untuk menyemangati mereka, salah satunya dengan memberikan kesempatan bagi para alumni ITTP berbagi pengalaman kerja di dunia industri yang semakin global seperti sekarang ini. Mudah – mudahan bermanfaat meskipun saat ini kita tengah dihadapkan pada waba pandemi Covid-19, katanya.

Peserta Alumni Sharing Menghadapi Dunia Kerja

Dalam acara sharing online tersebut, mengundang dua narasumber yaitu Indira Batubara bekerja sebagai IT Helpdesk dan Yusuf Ramli bekerja dibidang APP Developer. Kedua mahasiswa ini pernah menjadi bagian dari keluarga besar Prodi S1 Informatika.

Indihira mengungkapkan, perlu persiapan  yang harus terus kita siapkan sejak dini. Kenapa? Karena dengan adanya ragam persiapan, kita bisa dengan mudah untuk memasuki dunia kerja dan tentunya bersaing dengan orang lain. Berdasarkan pada pengalaman, pihak HRD atau pimpinan akan menilai kita dari kematangan/kesiapan dari kita, jangan pernah grogi ketika melakukan wawancara. Apabila terjadi grogi ketika melakukan wawancara, kamu bisa melatih diri dengan berlatih sendiri, atau mengikuti ragam pelatihan khusus menghadapi wawancara, ungkapnya.

Yusuf Ramli Salah Satu Narasumber Bagikan Pengalaman di Dunia Kerja

“Saya sih sependapat dengan apa yang dikatakan oleh rekan saya sebelumnya. Memang kunci keberhasilan kita dalam mempersiapkan menghadapi duni kerja adalah dengan mempersiapkan diri secara matang. Menambahkan saja dari mbak Indihira, bahwasanya dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja ada 4 tips dari saya. Pertama, mengupgrade kemampuan (skill), kedua siapkan portofolio, ketiga memperluas jaringan/network, dan terkakhir keempat adalah berdo’a,” jelas Yusuf Ramli.