ITTELKOM-PWT.AC.ID – Mahasiswa Program Studi S1 Informatika Anggar Ranawijaya berhasil merancang sebuah aplikasi yang memiliki tujuan untuk mempromosikan Pariwisata Kabupaten Banyumas. Aplikasi yang diberi nama Arepmas ini menggunakan sistem AR (Augmented Reality) dan sistem android sebagai sistem utama aplikasi bekerja, sehingga bisa digunakan pada smartphone.

Arepmas diuji oleh dosen yang memiliki kompetensi dalam bidang perangkat lunak di gedung Rektorat lt.2, belum lama ini (7/2). Hasil pengujian diperoleh hasil memuaskan. Aplikasi berjalan sesuai dengan harapan.

Fitur yang ditawarkan dalam aplikasi ini sangat menarik, ada fitur scan, fitur bantuan, pembahasan mengenai aplikasi itu sendiri. Dan paling menarik lagi para pengguna aplikasi diberikan arahan untuk melakukan pindai pada sebaran gambar yang terdapat pada brosur promosi yang telah disediakan oleh perancang aplikasi Arepmas.

“Arepmas merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk menambah wawasan budaya, khususnya untuk mengenalkan wisata Banyumas kepada masyarkat dengan metode AR. Dengan kondisi seperti inilah para penggunaan akan dimanjakan suatu kemudahan dan keunikan. Karena dengan hanya memindai gambar pada brosur mereka akan secara cepat bisa menikmati wisata hanya dengan melihat visualisasi seolah nyata karena berbentuk 3D,” jelas Anggar.

Condro Kartiko S.Kom., M.Cs., mengatakan, bahwa aplikasi Arepmas memberikan terobosan baru sebagai media promosi wisata. Adanya aplikasi inovatif yang dibuat oleh mahasiswa sebagai media promosi pariwisata Kabupaten Banyumas bisa menjadi solusi kekinian bagi semua pihak. Khususnya lembaga terkait, untuk bersama – sama membangun Pariwisita menggunakan teknologi kekinian, katanya.

Saat ini Arepmas atau dalam kepanjangannya Augmented Reality Pariwisata Banyumas, siap untuk terus dikembangkan. Sebagai langkah pertama aplikasi ini sudah terdapat protorype yang bisa diunduh dalam link download, atau memindai barcode yang disediakan oleh pembuat aplikasi.