Buku Pengembangan Sistem Big Data Peternakan Sapi Karya Dosen ITTP

Sekelompok dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto baru – baru ini telah berhasil menerbitkan sebuah buku monograf dengan Judul “Pengembangan Sistem Big Data Peternakan Sapi Berbasis Dua Layer Apps dan Machine Learning”. Mereka adalah Novanda Alim Setya Nugraha, S.S., M.Hum., Achmad Zaki Yamani, S.T., M.T., Ridho Ananda, S.Pd., M.Si., Aif Wiryawan Muhammad, S.Kom., M.Kom., serta yang terakhir Dr. ( c ) H. Tri Ginanjar Laksana, S.Kom., M.Kom., M.CS., M.Si. 

Latar belakang penerbitan buku ini sendiri terinspirasi dari permasalahan yang pernah terjadi di Kebumen pada tahun 2015, yaitu prediksi akan adanya kerawanan atau krisis daging sapi. Dari masalah ini, tim dosen beserta dengan mahasiswa terdorong untuk ikut berkompetisi pada ajang RUD atau Riset Unggulan Daerah Kebumen tahun 2020. Dalam riset tersebut mereka mencoba mengidentifikasi sapi – sapi yang dipotong di rph untuk nantinya dapat dilaporkan secara real time melalui aplikasi yang telah dibuat. Aplikasi tersebut merupakan ujung atau hasil akhir dari penelitian ini, sebagai penyelesaian dari ketimpangan data yang tercantum pada BPS dan Dinas Peternakan terkait data asumsi jumlah daging sapi konsumsi di Kebumen. 

Data penelitian ini berdasarkan pada data dari rph atau rumah pemotongan hewan, serta dengan bekerja sama dengan para dokter hewan untuk memberikan rekomendasi sapi yang layak dipotong sesuai dengan peraturan dan syarat yang ada (meliputi umur, serta kualifikasi sapi layak potong). Data ini selanjutnya dilaporkan secara real time, sekaligus menjadi basis data , perhitungan, dan juga asumsi Dinas Peternakan, sehingga nantinya dapat membuat kebijakan di tingkat pemda dalam mengantisipasi krisis daging sapi. Dengan aplikasi yang dibuat ini nantinya juga dapat menjadi dasar dari keputusan pemerintah daerah dalam menentukan waktu yang tepat untuk impor sapi.

Pembuatan buku ini dapat digunakan sebagai bahan diskusi bagi para dosen ataupun mahasiswa yang ingin mengadakan penelitian lebih lanjut. Buku ini telah dicetak sebanyak 18 eks. dan telah tersedia di perpustakaan ITTP. Selain itu, buku tersebut juga akan didaftarkan HKI atau hak kekayaan intelektual oleh tim penyusun.

“Dari buku yang diterbitkan oleh kelompok kami ini berhasil mendapatkan apresiasi dari pemkab Kebumen, khususnya dari Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Kebumen, karena ini berguna untuk para pencatat lapangan dalam memprediksi ketahanan pangan atau khususnya pada daging sapi di kabupaten Kebumen. Ini merupakan hasil dari Riset Unggulan Daerah Kab. Kebumen yang langsung dibayai oleh pemerintah daerah, dalam hal ini Bappeda”, penjelasan singkat yang disampaikan oleh Novanda Alim Setya Nugraha, S.S.,M.Hum, anggota tim penyusun buku. 

Proses penelitian, pembuatan aplikasi, dan penerbitan buku ini sempat mengalami beberapa kendala yang disebabkan utamanya karena kondisi pandemi yang menyulitkan tim dalam melaksanakan riset lapangan. Tantangan lainnya datang dari sempitnya deadline reporting laporan penelitian, padahal masih banyaknya data yang harus dikumpulkan. 

Pihak kampus ITTP sendiri dalam hal ini Heru Priyanto, S.T., M.BA. selaku Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya, memberikan tanggapan serta dukungannya terhadap terbitnya buku ini yang dianggap membawa banyak manfaat. Kedepannya diharapkan aplikasi yang telah dibuat juga dapat dikembangkan dan juga nantinya dapat bermanfaat bagi daerah. (ITW/AM)

Dokumentasi Novanda Alim Setya, S.S, M.Hum. bersama dengan Achmad Zaki Yamani, S.T., M.T. sedang terjun ke lapangan untuk keperluan pengumpulan data
Dokumentasi dosen beserta dengan mahasiswa dan narasumber di Puskeswan Alian
Dokumentasi kunjungan lapangan di RPH atau rumah pemotongan hewan
Dokumentasi Aplikasi sidak.id produksi tim dkk