ITTELKOM-PWT.AC.ID – Belum lama ini (18/10), Dosen kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) melakukan pelatihan Nuvoton di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Purwokerto. Pelatihan yang merupakan program pengabdian masyarakat (pengmas) ini, diikuti oleh 12 guru SMK N 2 yang memiliki keterampilan dalam jaringan IT. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 (tiga) minggu ke depan.

Pelatihan Nuvoton sendiri adalah pelatihan yang mengenalkan teknologi microcontroller yang mampu diterapkan dalam setiap aplikasi, bisa diterapkan dalam sistem control, elektronika medis, rangkaian digital, digital pemrosesan sinyal dan implementasi  control.

Rissa Farrid Christianti, S.T., M.T., salah satu dari tim pelatihan dan Dosen S1 Teknik Elektro mengatakan, pelatihan berkenaan dengan microcontroller nuvoton salah satu tujuannya pasti untuk menambah ilmu dan wawasana baik teori maupun praktek terkait teknologi nuvoton tersebut. Mudah – mudahan dengan pelatihan ini, bisa membantu peserta untuk terus mengembangkan diri dalam membangun suatu teknologi kekinian, katanya.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan terdiri dari : Pengenalan fitur – fitur board NUC140, Instalasi software pendukung board NUC140, Dasar – dasar general purpose Input/Output (GPIO), Pengendalian tampilan 7 segment, Interaksi keypad dengan LCD, Analog to Digital Converter (ADC), Pulse Width Modulation (PWM), Real Time Clock (RTC), dan Aplikasi RTC (Jam digital atau stopwacth). Sembilan materi tersebut semua bisa menggunakan teknologi modu (Trainer Nuvoton).

Para peserta kegiatan sangat terbantu dengan adanya pelatihan yang digelar oleh kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto, mereka berharap agar pelatihan seperti ini bisa dilakukan kembali. Karena dengan adanya pelatihan seperti ini bisa meningkatkan pengetahuan mereka, terutama dalam membuat teknologi yang membutuhkan kontroler dalam mengelola suatu sistem.

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang disuport dari hibah penelitian dan pengabdian internal di lingkungan kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *