ITTELKOM-PWT.AC.ID – Dosen kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto belum lama ini meluncurkan aplikasi tangkap reptil. Peluncuran aplikasi bertempat di Level Up Puwokerto disaksikan oleh mahasiswa ITTP dan komunitas Satria Reptil Banyumas (14/11).

Aplikasi tangkap reptil merupakan aplikasi berbasis android yang mampu mendeteksi keberadaan reptil jenis ular, yang berada di lingkungan sekitar. Saat terdeteksi adanya ular, aplikasi akan mengirimkan informasi akurat mengenai keberadaan ular tersebut, sehingga penggunanya bisa terhindar dari serangan ular. Selain memiliki fungsi utama sebagai pencegahan, aplikasi ini memiliki fitur edukasi bagi para pengguna. Dalam fitur edukasi memberikan layanan mengenai berbagai info mengenai semua dunia reptil seperti info jenis reptil, edukasi penanganan bagi gigitan ular.

Awal terbentuknya Apilikasi Tangkap Reptil berawal dari ide Dosen kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang memadukan Hobi dan perkembangan teknologi, dan menuangkannya dalam suatu penelitian, sehingga rencana tindaklanjut penelitian Aplikasi Tangkap Reptil yang didanai oleh Hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) 2018 senilai Rp 16.220.000,- selanjutnya yakni peneliti berinisiatif untuk mengembangkan aplikasi tangkap reptil yang sudah ada. Hal ini dikarenakan tingginya ekspektasi para pengguna terhadap pemanfaatan aplikasi tangkap reptil.

“Adapun fitur-fitur yang akan dikembangkan antara lain fitur tanggap darurat reptil, fitur komunitas, fitur tempat wisata reptil, dan fitur jual beli reptil,” jelas salah satu Dosen yang juga penggagas dari Aplikasi Novanda Alim Setya Nugraha, S.S., M.Hum.

Dalam acara peluncuran aplikasi berlangsung para peserta sangat antusias, karena menurut mereka dengan adanya aplikasi seperti ini, akan memudahkan dan membuat orang memiliki pengetahuan, khsususnya seputar hewan reptil.

Agus Ely Supandi Ketua Komunitas Reptil Satria mengatakan, Aplikasi Tangkap Reptil sangat bermanfaat bagi para pengguna, utamanya untuk edukasi terkait reptil jenis ular, yang terkadang ditemukan disekitar kita, dan bagi orang awam tentunya belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai dunia eptil dan tentunya upaya rescue/pertolongan pertama ketika ular yang masuk ke permukiman penduduk, katanya.

Dalam waktu dekat ini, Aplikasi Tangkap Reptil akan terus dikembangkan, dengan tim pengembang sebagian besar dari kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto dan bekerjasama dengan lembaga maupun komunitas terkait reptil, salah satunya Taman Reptil Adiluhur. Adapun Tim pengembang apikasi yaitu Condro Kartiko S.Kom., M.Ti., Dosen S1 Rekayasa Perangkat Lunak, Novanda Alim Setya Nugraha S.S., M.Hum., Dosen S1 Informatika, Derry Sudrajat Mahasiswa S1 Rekayasa Perangkat Lunak, dan salah satu perwakilan dari lembaga reptil Toni Putra Kusuma, S.T.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *