Inovasi IT Telkom Purwokerto Hadir Dalam Kebumen International Expo

T Telkom Purwokerto ikut andil memeriahkan Kebumen International Expo (KIE) yang bertempat di alun – alun Kebumen, pada 25 Juni hingga 2 Juli 2022.

Expo yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan berbagai pihak ini juga diikuti oleh instansi pemerintahan, UMKM, Kecamatan dan Perguruan Tinggi lain. Menghadirkan musisi seperti Padi, Gigi dan band ternama lainnya dari Jakarta dalam konser musik yang diselenggarakan pada malam harinya. Acara ini berhasil menyedot pengunjung yang cukup banyak dari masyarakat setempat.

IT Telkom Purwokerto mempunyai jalinan kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Kebumen selama ini, baik terkait penelitian maupun pengabdian masyarakat dosen – dosen. Dalam expo kemarin, IT Telkom Purwokerto juga berkolaborasi dengan salah satu kecamatan di Kebumen yaitu Kecamatan Karanggayem. ITTP turut membantu Kecamatan Karanggayem dalam membuat konten video marketing produk hasil UMKM dari kecamatan tersebut, yang hasilnya ditampilan saat pelaksanaan expo.

“Kerjasama ITTP dengan Pemerintah Kebumen sudah terjalin cukup lama dan sangat baik. Termasuk dengan beberapa desa dan kecamatannya yang kerap menjadi tujuan aktivitas penelitian dan pengabdian masyarakat dosen. Termasuk Karanggayem ini” ungkap Merlinda Wibowo, Kepala Urusan Kantor Urusan International ITTP.

Selain itu, ITTP juga menghadirkan produk inovasi dan membuka informasi pendaftaran mahasiswa baru. SIHUTLA, inovasi milik Sigit Pramono, salah satu dosen ITTP menjadi icon dalam International Expo kemarin. SIHUTLA merupakan sistem monitoring kebakaran hutan dan lahan berbasis Internet of Things (IOT). Keberadaan SIHUTLA dalam booth ITTP cukup menarik perhatian pengunjung yang melihat alatnya.

Sebagai kampus teknologi, IT Telkom Purwokerto memang mendorong dosen dan mahasiswa untuk terus berinovasi, melakukan riset dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Lewat Expo kemarin, ITTP mencoba mendekatkan salah satu inovasi yang dimilikinya kepada masyarakat.

“Sejalan dengan visi misi ITTP, yaitu menyelenggarakan penelitian yang hasilnya disebar luaskan untuk kemaslahatan masyarakat” lanjut Merlinda.

Dengan adanya international expo ini, dirinya berharap agar ITTP semakin dikenal oleh masyarakat luas. Ia juga memberikan apresiasi kepada pemerintah Kebumen yang telah menggelar acara sebesar ini.

“Semoga acara seperti ini bisa rutin diadakan. Mudah – mudahan ITTP juga bisa berpartisipasi kembali dalam acara yang serupa seperti international expo” tutupnya.

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait