ITTP bersama Kominfo Adakan Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup

Pada hari Rabu (1/9), KOMINFO bekerjasama dengan IT Telkom Purwokerto menyelenggarakan Roadshow Gerakan 1000 StartUp. Acara yang dilaksanakan melalui zoom meeting ini mengundang beberapa narasumber dengan latar belakang yang berbeda, seperti Komunitas, Akademisi dan Pemerintah Daerah. Mereka adalah Ir. Kristanta, M.Si (Kepala BAPPEDALITBANG Kabupaten Banyumas), Indra Haryadi (CEO Arutala), Fikri Ali (Founder Parfait), dan Dr. Tenia Wahyuningrum, S.Kom., M.T. (Dekan Fakultas Informatika ITTP).

Gerakan 1000 startup ini merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) RI sejak tahun 2016. Sebanyak 1260 lebih startup telah lahir dari program ini yang merupakan upaya bahu membahu oleh penggerak ekosistem startup digital Indonesia. Program ini juga bertujuan untuk memberikan peluang kewirausahaan berbasis teknologi digital ke seluruh penjuru di Indonesia. Adapun rangkaian acara gerakan 1000 startup diantara lainnya ialah Ignition atau seminar Online, Networking sebuah kegiatan berjejaring dengan peserta lainnya, workshop, Hacksprint yang merupakan sebuah brainstorming dan eksekusi ide, Bootcamp, dan Incubation.

Pematerian sempat dibawakan oleh Indra Haryadi dari Arutala mengenai “Timing dalam Bisnis”. Peserta diberikan pengetahuan sedikit pada saat memulai bisnis maupun startup bahwa mempelajari mengenai strategi pasar, kondisi pasar saat ini, hingga menemukan partner yang tepat merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Program 1000 startup digital ini bukanlah sebuah kompetisi yang harus dimenangkan akan tetapi sebuah gerakan yang membangun kewirausahaan berbasis digital dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di Indonesia. 

Dalam sesi tanya jawab bersama ketiga pembicara lainnya, salah satu peserta menanyakan mengenai pembentukan tim yang saat ini peserta tidak memiliki cukup skill yang dibutuhkan dalam membangun sebuah startup. Pertanyaan tersebut dijawab oleh Fikri Ali selaku founder dari Parfait.

“Saran saya, gabung ke komunitas-komunitas yang ada di beberapa platform kemudian dapat mengikuti di gerakan 1000 startup ini.” Katanya saat menjawab pertanyaan dari salah satu peserta.

Acara ini dibuka dengan penyampaian dari Rektor ITTP, Ir. Arfianto Fahmi, S.T., M.T., IPM dan perwakilan dari KOMINFO, Sonny Sudaryana.

IT Telkom Purwokerto sendiri telah melahirkan beberapa startup yang diinisiasi oleh alumni maupun kolaborasi antara dosen dan mahasiswa, diantara lainnya ialah BECEER milik alumni ITTPserta Pak Budi dan Daycomtech yang dikembangkan oleh dosen ITTP. Seperti yang diungkapkan oleh Rektor ITTP dalam pembukaan Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup, program ini diharapkan akan diselenggarakan secara kontinu dan mendorong banyak startup di Indonesia lahir kedepannya.

“1000 Startup digital ini diharapkan akan diselenggarakan secara kontinu dan bisa mendorong banyak startup di Indonesia lahir kedepannya ”, ungkapnya. (TS)

Komentar

Baca Berita terkait