Pada hari Jumat (6/11) ITTP khususnya Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE) mengadakan kegiatan pelatihan yang berkaitan dengan instalasi pemasangan VSAT IP. Ini merupakan kerjasama antara FTTE dengan PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat).

Pelatihan Instalasi Pemasangan VSAT IP berlangsung selama satu hari bertempat di Laboratorium VSAT Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro. Materi pelatihan sendiri disampaikan secara langsung oleh pihak Telkomsat, yaitu Bapak Kukuh Krismanto yang juga merupakan alumni ITTP. 

Acara yang diinisiasi oleh Satuan Tugas Kerjasama dan Sertifikasi Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro ITTP bekerja sama dengan kelompok keahlian (Wireless and Signal Processing) dan laboratorium terkait. Adapun peserta pelatihan terdiri dari mahasiswa program studi D3 dan S1 Teknik Telekomunikasi ITTP. 

Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari pelatihan ini diantaranya peserta dikenalkan dengan perangkat terbaru yang digunakan oleh PT Telkomsat, yaitu perangkat VSAT IP tipe Newtec MDM2200 dengan diameter antena 0.9 meter dengan alokasi frekuensi Ku-Band; memahami cara instalasi perangkat VSAT IP secara real dan eskalasi problem solving dalam Sistem Komunikasi Satelit; 

Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya nyata dari Telkomsat untuk turut serta mewujudkan #IndonesiaMaju dengan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan pendidikan yang berdaya saing global. (ITW)