ITTP Mengadakan Workshop Pendampingan Riset Berpotensi Paten, HKI, dan Desain Industri

Pada Jumat (5/11) kemarin, IT Telkom Purwokerto mengadakan “Workshop Pendampingan Riset Berpotensi Paten, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), dan Desain Industri” yang menghadirkan Dosen Universitas Kristen Petra sekaligus Granted IPR (Intellectual Property Rights) 19 Produk Riset, Felix Pasila, S.T., M.Sc., Ph.D sebagai pembicara. Workshop ini dilaksanakan di Hotel Grand Karlita Purwokerto dengan dihadiri peserta sebanyak 25 orang yang meliputi perwakilan dari Kelompok Keahlian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ,Sentra Inovasi dan HKI, Sistem Penjaminan Mutu (SPM), Bagian Sistem Informasi serta Inventor di lingkungan IT Telkom Purwokerto. Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Riset, Dr. Tenia Wahyuningrum, S.Kom., M.T.  

Pembukaan Resmi Workshop “Pendampingan Riset Berpotensi Paten, HKI, Dan Desain Industri” oleh Wakil Rektor I

Acara workshop ini merupakan serangkaian acara dari kegiatan Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Dengan tujuan penyamaan persepsi penilaian produk riset sesuai dengan kriteria Paten, HKI, dan desain industri serta penilaian produk riset yang telah dihasilkan oleh Dosen ITTP yang berpotensi didaftarkan Paten, HKI, dan desain industri. Pada pematerian yang dibawakan oleh Felix Pasila, S.T., M.Sc., Ph.D., peserta diajak untuk mengenal dasar-dasar Paten, perbedaan jenis Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), pengenalan drafting Paten, serta pendampingan penelitian atau produk dosen dan inventor yang berpeluang untuk didaftarkan Paten.

Workshop ini diselenggarakan secara luring (offline) dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat dan terlihat antusiasme peserta sangat terasa selama acara berlangsung. Acara semakin intim ketika sesi tanya jawab serta presentasi penelitian atau produk yang berpotensi Paten. Output yang didapatkan peserta dari workshop ini adalah memiliki gambaran atas hasil penelitian dan produk inovasi yang berpotensi tensik didaftarkan Paten serta drafting Paten.

Sebanyak 25 peserta yang hadir telah melaksanakan prosedur protokol kesehatan

Acara workshop ini direncanakan memiliki tindak lanjut kedepannya yaitu workshop pendampingan drafting Paten. Dimana para inventor dan dosen-dosen yang memiliki produk riset dan penelitiannya berpotensi menjadi Paten akan didampingi serta di review untuk penulisan draf usulan Paten. Sehingga usulan-usulan tersebut dapat diajukan menjadi Paten. Harapannya dengan acara ini bisa menciptakan iklim baru di lingkungan ITTP untuk berkompetisi menghasilkan inovasi-inovasi baru dan segar yang dapat bermanfaat bagi orang banyak. (TS)

Komentar

Baca Berita terkait