ITTELKOM-PWT.AC.ID – Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) merancang helm yang dapat bekerja secara otomatis dan diberi nama “Kie Helm”. Bertempat di Gedung rektorat lantai 2 (9/1), mahasiswa perancang Kie Helm Aldinan Bani Syafi’I dan Nanda Gusti Arirapha mendemonstrasikan sistem kerja dari teknologi Kie Helm di depan para sivitas akademika ITTP yang hadir dan menyaksikan acara expo inovasi.

Perancang Kie Helm mendemonstrasikan di depan pengunjung Pameran Expo Inovasi di Gedung Rektorat lantai 2, (9/1).

Nanda mengatakan, perancangan alat ini berdasarkan pada pengalaman mereka yang setiap hari menggunakan kendaraan roda dua. “Kami berpikir bahwa harus ada teknologi yang bisa bekerja secara otomatis ketika berkendara. Sehingga kami merancang sebuah teknologi helm yang bekerja secara otomatis”, katanya.

Teknologi yang digunakan dalam “KIE Helm” menggunakan kombinasi beragam alat, yaitu : menggunakan Raindrop Sensor, LDR sensor,menggunakan servo untuk menggerakan dari kaca helm, kemudian sumber tegangan yang bisa menggunakan baterai, powerbank, maupun aki ada di kendaraan roda dua, kemudian untuk kendali menggunakan sistem kerja dari Arduino Uno R3. Sedangkan untuk bahan yang digunakan adalah Helm SNI (Standar Nasional Indonesia).

Kie Helm, menerapkan teknologi kekinian dengan sistem kerja secara otomatis.

“KIE Helm adalah helm otomatis yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat, khususnya mereka para pengendara roda dua. Sistem kerja dari KIE Helm sederhana sekali, helm akan bekerja apabila dalam kondisi terik matahari dan hujan dengan mengatur kaca helm dengan menutup dan membuka kaca helm. Karena itu, pengguna tidak usah repot – repot memikirkan kondisi helm,” jelas Aldinan.

KIE Helm yang dibuat oleh mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), siap untuk terus dikembangkan jika sewaktu – waktu masyarakat tertarik pada teknologi ini. Karena dari adanya teknologi ini diharapkan menjadi bagian dari masyarakat secara luas, salah satunya dengan diimplementasikannya teknologi KIE Helm.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *