Kuliah Umum Ekosistem Kreatif : Merubah Bangunan Mangkrak Menjadi Hidup Kembali

Kamis kemarin (18/11), Prodi S1 Desain Komunikasi Visual telah mengadakan kuliah umum secara online via zoom meeting yang menghadirkan Creator The Hallway Space Bandung, Faizal Budiman, untuk membagikan pengalamannya dan kawan-kawan saat membangun The Hallway Space. Kuliah umum pada mata kuliah Ekosistem Kreatif ini dipandu oleh Gilang Ramadhan selaku dosen pengampu mata kuliah dan dihadiri oleh mahasiswa dan dosen Prodi DKV. Acara dibuka dengan pemaparan dari ibu Riri Irma Suryani, M.Sn., selaku perwakilan dari Prodi DKV.

The Hallway Space bertempat di Kota Bandung tepatnya di Pasar Kosambi mulai direncanakan pada tahun 2017 hingga berhasil disahkan buka pada Oktober 2020. Pada awalnya gedung The Hallway merupakan gedung pasar yang telah ditinggalkan lama oleh masyarakat. Beberapa tahun sebelumnya pemerintah Bandung berusaha untuk menghidupkan kembali pasar tersebut, akan tetapi tidak berhasil. Setelah dirancang kembali oleh Faizal Budiman dkk, hingga saat ini gedung terbengkalai yang diubah menjadi The Hallway Space itu menjadi tempat nongkrong yang digandrungi oleh anak muda di Bandung.

The Hallway Space menyediakan ruang kreatif bagi sektor fashion, hobi, area perkantoran, kuliner, dan lain-lain. Faizal menuturkan bahwa promosi yang dilakukan tidak mengeluarkan biaya. Hanya bermodalkan social media sebagai tempat berpromosi dengan hashtag #NongkrongDipasar, hingga saat ini berhasil mengundang masyarakat sekitar yang didominasikan anak muda untuk mampir ke The Hallway Space.

Acara berjalan dengan baik serta disambut antusias oleh mahasiswa DKV dengan beberapa pertanyaan yang diajukan kepada pembicara. Melalui kuliah umum ini diharapkan bahwa mahasiswa dapat melihat ruang kreasi lebih luas lagi serta bisa berkontribusi dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif. (TS)

Komentar

Baca Berita terkait