Belum lama ini mahasiswa program studi S1 Teknik Informatika kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) menciptakan game/permainan edukasi yang diberi nama Kalibataku.

Bintang Sabda Esa salah satu pencipta game “Kalibataku” menjelaskan, bahwa di zaman sekarang ini apalagi siswa sekolah dasar sudah harus mengerti pelajaran matematika secara umum. Akan tetapi perlu penyampaian yang sangat tepat dan lebih modern, sehingga dalam mengatasi itu semua perlu adanya terobosan baru dengan membuat game edukasi. Permainan kalibataku sendiri merupakan game bergenre Role Playing Game (RPG) yaitu sebuah permainan fantasi dimana pemain berimajinasi menjadi sosok karakter dalam sebuah permainan, adventure, dan education, untuk metode yang digunakan membangun permainan ini menggunakan metode Golden Rules of User Interface Design, merupakan metode yang berfungsi untuk mempercantik tampilan, sehingga orang akan tertarik dan tidak jenuh dalam menjalankan permainan tersebut, jelasnya.

Dia juga menambahkan, permainan kalibataku yang diciptakan oleh kami murni berasal dari ide dan gagasan yang dituangkan serta dipraktekkan langsung oleh kami dengan dorongan dari para dosen pembimbing kami, sehingga jadilah permainan edukasi “Kalibataku” ini, harapannya semua orang bisa menggunakan permainan yang kami ciptakan, bermanfaat bagi masyarakat di sekitar kita, tambahnya.

Afandi Noer Aziz S.T., M.Cs., salah dosen penguji mengatakan, game “kalibataku” sangat inspiratif ya, saya rasa dengan adanya permainan seperti ini jika terus dikembangkan bisa menjadi alternatif baru dalam mengdongkrak minat belajar bidang matematika (hitung-menghitung) khususnya mereka yang masih duduk di sekolah dasar (SD), sangat menarik dan fitur dalam permainan sangat sederhana dan menginspirasi, game kalibataku ini sudah bisa dinikmati di ponsel pintar atau berbasis android, katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *