ITTELKOM-PWT.AC.ID – Tim Dosen Program Studi S1 Rekayasa Perangkat Lunak dan mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), belum lama ini membuat aplikasi inovasi khsusus dibidang pencarian kerja (Krrja). Tim perancang terdiri dari Ariq Cahya S.Kom., M.Kom dan Derry Sudrajat.

Krrja  adalah sebuah aplikasi berbasis android yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh pekerja professional, sesuai bidangnya. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan dalam berbagai ponsel pintar. Lebih efisien dan mengefektifkan waktu pengguna mencari ragam pekerjaan sesuai minat dan bakat mereka.

“Aplikasi yang kami buat salah satunya adalah untuk memudahkan urusan dalam bidang pencarian pekerjaan. Kami melihat, saat ini banyak orang yang membutuhkan pekerjaan akan tetapi mereka bingung untuk mendapatkan pekerjaan. Mudah – mudahan dengan adanya aplikasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya mereka generasi pemuda yang saat ini masih banyak yang menganggur,” jelas Ariq.

Aplikasi Krrja sebagai salah satu aplikasi inovasi yang membantu menghubungkan pekerja professional atau masyarakat yang belum bekerja agar memiliki pekerjaan yang jelas, fleksibel, waktu cari kerja cepat, dan upah pasti.

“Harapan kami, aplikasi krrja dapat mengurangi pengangguran yang masih tinggi,” sambung Derry Drajat mahasiswa pengembang aplikasi.

Selain menjadi aplikasi yang menjadi bagian dari inovasi ITTP, aplikasi Krrja belum lama ini mendapatkan juara ketiga dalam perlombaan inovasi. Perlombaan tersebut adalah Kreativitas dan Inovasi Kabupaten Banyumas di bidang sains dan teknologi. Selain telah memenangkan perlombaan, aplikasi kini sudah bisa diunduh pada Appstore di ponsel pintar yang digunakan oleh masyarakat luas.