Obrolin Prospek Kerja di Bidang EBT Bersama SRE ITTP X Smart Grid Indonesia

Jumat malam (12/11), Presiden SRE ITTP Mas Aji Saputra menjadi pembicara di Instagram Live yang diadakan oleh Smart Grid Indonesia dengan tema pembicaraan mengenai “Prospek Kerja di Bidang Energi Baru Terbarukan (EBT)”. Pembicaraan yang berjalan hingga kurang lebih satu jam tersebut diikuti oleh banyak audiensi yang penasaran mengenai prospek pekerjaan di bidang yang sangat baru di Indonesia itu. Tidak hanya mengundang SRE ITTP, Smart Grid Indonesia sebelumnya juga telah mengundang perwakilan SRE dari beberapa kampus dengan tema pembahasan yang beragam.

Beberapa negara sudah mengimplementasikan energi terbarukan seperti energi surya untuk dijadikan sumber listrik. Menyusul negara-negara maju, saat ini pemerintah Indonesia sudah memulai sektor tersebut untuk diimplementasikan walaupun energi fosil masih tetap digunakan. Hal tersebut membuka lapangan pekerjaan lebih luas lagi khususnya di sektor Energi Baru Terbarukan (EBT) yang terbilang sangat baru di negeri ini.

Ketua SRE ITTP, Mas Aji menjelaskan bahwa tenaga ahli yang dibutuhkan pada sektor EBT tidak hanya dari lulusan teknik saja akan tetapi juga memungkinkan untuk lulusan dari berbagai prodi. Di Jawa Tengah sendiri tepatnya di Semarang, sudah ada perusahaan yang bergerak di sektor EBT sejak tahun 2020. Hal ini sangat memungkinkan untuk teman-teman mahasiswa dapat bekerja di bidang tersebut di Jawa Tengah pada nantinya.

Pada saat sesi tanya jawab, Mas Aji menuturkan bahwa kesempatan untuk wanita bekerja di bidang EBT sangat memungkinkan.

“Tidak ada batasan untuk pekerja wanita bekerja di bidang ini, walaupun sektor ini akan didominasi oleh pekerja pria”, tuturnya. (TS)

Komentar

Baca Berita terkait