Peluncuran Pertukaran Mahasiswa Indonesia (PERMAI) APERTI BUMN 2021

Pada Jum’at sore (10/9), Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN mengadakan acara peluncuran program Pertukaran Mahasiswa Indonesia atau PERMAI via zoom sebagai bentuk pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Acara ini dihadiri oleh para pimpinan, dosen, mahasiswa dari perguruan tinggi APERTI BUMN dan beberapa wartawan dari media cetak dan elektronik. Sebelum acara peluncuran program PERMAI didahului dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) antar perguruan tinggi APERTI BUMN dan Universitas Siber Indonesia (USI) yang mencakup bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

PERMAI merupakan sebuah program pertukaran mahasiswa di ruang lingkup perguruan tinggi BUMN dimana mahasiswa bisa mendaftarkan diri di perguruan tinggi yang telah tergabung di APERTI BUMN. Perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN ialah Universitas Pertamina, Institut Teknologi PLN, Telkom University, Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), Politeknik Pos Indonesia, IT Telkom Purwokerto, IT Telkom Surabaya, dan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI). 

Sebelum Pendaftaran dibuka hingga tanggal 15 September dan hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 18 September. Mahasiswa dapat merasakan belajar dan budaya di salah satu perguruan tinggi tersebut selama satu semester. Pelaksanaan program ini diadakan secara daring yang dikarenakan kondisi saat ini belum membaik.

Adapun syarat yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa sebelum mendaftar, salah satunya ialah program ini diperuntukkan mahasiswa aktif semester 5 (angkatan 2019) dan semester 7 (angkatan 2018) di perguruan tinggi di bawah naungan APERTI BUMN. Mahasiswa hanya diperbolehkan memilih satu perguruan tinggi minimal mengambil 6 SKS dengan maksimal 12 SKS dan memiliki IPK minimal 3.0. Informasi lengkap dapat dilihat pada web APERTI maupun web dan instagram official kampus masing-masing.

Program ini diharapkan dapat memperkuat jalinan silaturahmi antar perguruan tinggi di bawah naungan APERTI BUMN dan USI seperti yang diungkapkan oleh Prof. Adiwijaya selaku Ketua APERTI BUMN.

“Semoga pelaksanaan program ini dapat memperkuat lagi silaturahmi antar universitas”, ungkapnya saat penyampaian pidato di pembukaan acara. (TS)

Komentar

Baca Berita terkait