Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi berhasil menciptakan rancang bangun Sistem Monitoring Angkutan Umum Purwokerto yang disingkat menjadi SIMAUP. Sistem ini dikenalkan langsung dihadapan dosen pembimbing dan disaksikan oleh sivitas akademika yang hadir pada kesempatan tersebut. Pengenalan sistem ini dilakukan di Gedung TT (Telekomunikasi) kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto baru – baru ini.

Siska Anggraeni menjelaskan, SIMAUP (Sistem Monitoring Angkutan Umum Purwokerto) dirancang karena saya melihat meningkatnya jumlah angkutan umum tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan transportasi, tetapi menjadi sebuah masalah baru bagi masyarakat ketika tidak adanya informasi posisi keberadaan angkutan umum yang tepat mereka berada, khususnya di Kota Purwokerto, jelasnya.

Terapkan GPS Tracking

Mahasiswa D3 Teknik Telekomunikasi ini menambahkan, dari permasalahan tersebut, saya berusaha untuk merancang suatu sistem yang mampu mendeteksi keberadaan angkutan umum dengan menerapkan GPS tracking pada angkutan umum tersebut ditambah dengan adanya aplikasi berbasis android yang saya buat akan memudahkan penumpang untuk melihat dan menentukan posisi angkutan umum itu berada, setiap detik akan terlihat pergerakan angkutan umum, sehingga bisa kita perkirakan waktu yang tepat naik angkutan umum. Untuk mengetahui letak dan posisi angkutan ada aplikasi android yang diberi rnama SIMAUP, aplikasi ini bisa dijalankan pada ponsel pintar, tambahnya.

Dosen pembimbing Muntaqo Alfin Amanaf mengatakan, sistem yang dirancang oleh mahasiwa kami merupakan bukti bahwa kami berusaha untuk terus mencari permasalahan yang sering terjadi di masyarakat dan menjawab permasalahn tersebut dengan membuat serta merancang alat yang diharapkan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari masyarakat sekitar. Angkutan umum dalam kota atau angkot merupakan armada yang bisa dikatakan sebagai kendaraan bukan berasal dari generasi millennial, menerapkan sistem terbaru seperti memasang GPS tracking, membuat aplikasi berbasis android adalah bentuk baru yang bisa dikatakan menyesuaikan pada zamannya. Komponen yang digunakan oleh mba siska dalam sistem menggunakan sistem kerja arduino uno yaitu perangkat yang berguna sebagai pengolah data, sim808 yang berfungsi menjadi alat komunikasi dalam perangkat, GPS Tracking, dan aplikasi berbasis android, katanya.

“Saya harap SIMAUP yang dibuat oleh mba Siska ini bisa terus dikembangkan, karena bisa menjadi solusi dan meningkatkan kondisi lingkungan masyarakat di dalam konsep Smart City”, tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *