ITTP Berhasil Dapatkan Dana Hibah PJJ 2021

Pada tanggal (22/5) yang lalu, telah diumumkan deretan pemenang bantuan hibah pendanaan penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang diberikan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Institut Teknologi Telkom Purwokerto, tepatnya tim dosen prodi S1 Informatika (IF) berhasili menerima dana hibah sebesar Rp 50.000.000,00 sesuai dengan surat No. 2221/E2/PB.03.00/2021. Keberhasilan ini diraih berkat pengajuan proposal bantuan dana PJJ, dan dinyatakan lolos seleksi yang dinilai langsung oleh Kementerian. 

Hibah ini bertujuan untuk mendukung penyelenggaraan PJJ yang ditujukan bagi perguruan tinggi Indonesia dalam program studi akademik. Pada kesempatan ini, ITTP bekerja sama dengan Universitas Musamus Merauke (UNIMUS), tepatnya pada ruang lingkup prodi S1 Teknik Informatika keduanya. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan dapat membantu proses perkuliahan dengan menggunakan Learning Management System (LMS). Sistem ini telah disiapkan oleh ITTP untuk beberapa mata kuliah yang telah diusulkan dan disesuaikan dengan kurikulum Universitas mitra, yakni UNIMUS.  

Tim yang diketuai oleh Kaprodi IF, Auliya Burhanuddin, S.Si., M.Kom ini beranggotakan beberapa orang dosen IF, diantaranya Fahrudin Mukti Wibowo, S.Kom., M.Eng; Wahyu Andi Saputra, S.Pd., M.Eng; Bita Parga Zen, S.Kom., M.Han; Widi Widayat, S.Kom., M.Eng; Pradana Ananda Raharja, S.Kom., M.Kom; Merlinda Wibowo, S.T., M.Phil; dan Diandra Chika Fransisca, S.Si., M.Sc

Berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi : 

  1. Sosialisasi Panduan MBKM tentang PJJ

Melalui sosialisasi ini, akan diberikan penjelasan mengenai capaian pembelajaran, sistem pembelajaran hybrid/ blended learning agar nantinya mahasiswa dapat memahami literasi teknologi terkini melalui Big Data dan Artificial Intelligence untuk menghasilkan SDM yang berkualitas, siap bersaing di industri 4.0, dan profesional di masa depan nanti.  

  1. Pembuatan Dokumen Implementasi PJJ

Ini bertujuan untuk membantu mendokumentasikan seluruh aktivitas implementasi dari PJJ. Selain itu, agar pelaksanaan pembelajaran daring dapat sesuai dengan standar pembelajaran yang ideal, sesuai dengan kebutuhan pokok dalam proses transfer ilmu di perguruan tinggi. 

  1. Pembuatan Dokumen Konversi Mata Kuliah

Kegiatan PJJ meliputi pertukaran pelajar dengan pelaksanaan secara blended learning. Penyusunan dokumen konversi mata kuliah dapat digunakan sebagai pedoman penilaian bagi mahasiswa yang mengambil skema PJJ dan dapat diakui oleh PT asal. 

  1. Pembuatan Kelengkapan untuk Implementasi Kelas PJJ

Perkuliahan PJJ direncanakan akan menggunakan sistem blended learning, yakni kombinasi antara kelas luring (luar jaringan atau offline) dan daring (dalam jaringan atau online). Perkuliahan luring akan dilaksanakan dengan dosen pengampu prodi asal, sementara untuk daring dilaksanakan dengan media LMS bersama dosen pengampu dari prodi S1 IF ITTP. Targetnya adalah Dokumen Rencana Pelaksanaan Studi (RPS) dari mata kuliah yang dilaksanakan dengan PJJ, serta penggunaan video dalam pembelajarannya. 

  1. Evaluasi Kegiatan PJJ untuk Keberlanjutan Program 

Kegiatan evaluasi melibatkan kedua Perguruan Tinggi, dengan harapan terwujudnya target program PJJ. Target evaluasi ini adalah kekurangan dan hambatan yang dialami selama PJJ berlangsung. Dengan adanya evaluasi ini, segala hambatan yang ada dapat segera dicari solusi perbaikannya agar kegiatan dapat berjalan dengan lancar. 

  1. Rencana Tindak Lanjut Keberlanjutan Program 

Pelaksanaan program PJJ pastinya membutuhkan penyesuaian terlebih dahulu, utamanya pada persiapan proses belajar mengajar kedua belah pihak. Ini memerlukan adanya penyusunan bersama terkait dengan program tahunan dan program semester dalam rangka pelaksanaan program PJJ. Penyusunan ini menitikberatkan pada program yang dapat dilaksanakan secara daring selain kegiatan perkuliahan, seperti penelitian bersama.  

“Puji syukur selalu kami panjatkan kehadirat Tuhan, karena bisa lolos mendapatkan hibah pendanaan PJJ ini. Melalui Kerjasama ITTP dan Universitas Musamus Merauke memberikan kesempatan terbuka bagi kedua PT untuk saling berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas masing – masing. 
Melalui program PJJ ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama antar perguruan tinggi di wilayah 3T (terluar, tertinggal, dan terdepan) dan atau di wilayah Indonesia timur khususnya di Universitas Musamus Merauke dalam penyelenggaraan PJJ. Dosen maupun mahasiswa sama – sama belajar untuk memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran tanpa mengurangi kualitas pendidikan. Semoga kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar, dengan dukungan dari seluruh pihak”, pungkas Fahrudin Mukti Wibowo, S.Kom., M.Eng, salah satu anggota tim. (ITW)

Dokumentasi pada saat diskusi penjajakan kerja sama antara ITTP dengan UNIMUS

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait