PAK BUDI : Aplikasi Tes Minat Bakat Buatan Dosen ITTP

Selesai menempuh pendidikan di bangku SMA/SMK, umumnya siswa akan melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang pendidikan tinggi. Begitu banyak ragam pilihan jurusan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi saat ini. Sehingga membuat siswa kadangkala bimbang dalam menentukan jurusan yang sesuai dengan ketertarikan dan kemampuannya. 

Merujuk pada permasalahan tersebut, dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Dadiek Pranindito, S.T., M.T, menciptakan sebuah aplikasi yang dapat mengenali potensi individu berdasarkan hasil tes minat bakat dan latihan soal. Aplikasi ini bernama PAK BUDI. Hasil tes dari PAK BUDI, dapat digunakan oleh siswa SMA/SMK untuk merencanakan studi lanjut ke Perguruan Tinggi agar tidak keliru dalam menentukan jurusan. 

Menurut Dadiek, dirinya kerap menjumpai mahasiswa yang dilema dalam memilih jurusan kuliah yang tepat. Beberapa diantaranya bahkan ada yang berhenti di tengah karena merasa tidak cocok dan terbebani dengan jurusan yang diambil.

“Sayang sekali jika kuliahnya harus terhenti hanya karena keliru jurusan. Untuk itu saya ingin membantu siswa siswi ini agar lebih terencana dalam menentukan masa depannya” kata Dadiek.

Dokumentasi dari tampilan aplikasi PAK BUDI

PAK BUDI App menjadi aplikasi konsultasi pendidikan pertama di Indonesia berbasis artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang dapat diakses dengan mudah dimanapun dan kapanpun.

Dokumentasi media sosial PAK BUDI APP

Secara umum, aplikasi ini mempunyai 3 fitur unggulan yaitu Konsultasi, Tes minat bakat, serta latihan soal Try Out UN dan SBMPTN. Dengan fitur konsultasi, pengguna akan terhubung dengan konselor yang menjadi partner dalam melakukan konseling mengenai perencanaan studi lanjut. Pengguna dapat menceritakan permasalahan yang dialami, dan akan dibimbing untuk menentukan jurusan yang tepat.

Dalam fitur minat bakat, pengguna difasilitasi dengan adanya soal -soal psikotes yang bisa dicoba secara gratis. Melalui latihan soal psikotest ini, pengguna dapat mengenali potensi dirinya sejak awal.

“Selain konseling, pengguna yang merupakan siswa/i SMA/SMK bisa juga menggunakan fitur minat bakat untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat. Disesuaikan dengan hasil psikotestnya” imbuhnya.

Dokumentasi tampilan aplikasi PAK BUDI

Selain kedua fitur tersebut, ada pula latihan soal Try Out UN yang bisa dicoba oleh siswa/i SMA/SMK yang hendak menempuh ujian akhir. Ada pula soal try out SBMPTN sebagai soal-soal prediksi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Saat ini, PAK BUDI App sudah dapat diakses melalui situs website maupun Play Store. Pada Play Store, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 100 ribu lebih dengan total pengguna sekitar 87.123.  PAK BUDI merupakan salah satu startup binaan Banyumas Digital Valley (BDV), sebuah inkubator yang dikelola oleh Institut Teknologi Telkom Purwokerto. BDV memiliki berbagai layanan yang membantu para penggiat usaha start up khususnya di daerah Banyumas yang merasa kesulitan dalam mengurus perizinan HKI. Tidak hanya start up milik dosen dan pegawai saja, BDV juga membina start up di wilayah Purwokerto dan sekitarnya agar lebih berkembang. (ROS)

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait